Selasa, 15 Februari 2011

Belajar Ngeblog

Memulai belajar sesuatu yang baru sungguh sangat berat. Apalagi tanpa ada guru lisan yang bisa ditanyai semua permasalahan yang begitu banyak muncul. Mencari tahu dengan browsing memang membantu. Namun, tetap saja menambah kliyengan karena terlalu banyak artikel-artikel yang sepertinya perlu dibaca tapi harus bingung mana yang harus didahulukan. Sementara, waktu yang ada tidak memungkinkan untuk membaca semua artikel itu. Bila membaca terus kapan pula bisa mengisi postingan ke blog. Akhirnya, kenapa tidak belajar dengan mencoba. Terserah bagaimana jadinya atau tanggapan pembaca. Mencoba membuat sekelumit tulisan dan posting. Bila tidak ada yang membaca, coba saja membuat lagi. Agar tidak putus asa berpikir positif kalau gagal berarti belajar.
Ada banyak pertanyaan yang muncul ketika pertama kali harus membuat postingan sebuah blog. Diantaranya:
1. Blog berisi apa yang sebaiknya dibuat?
2. Bagaimana mendesain blog? (karena blog yang muncul tidak seperti blog yang telah dikelola)
3. Bagaimana membuat link?
4. Apa itu SEO?
dan tentu saja masih banyak pertanyaan lain.
Dont give up before u try.
Kemungkinan juga masih kurang belajar. Zaman yang serba instan sedikit banyak membuat otak menjadi malas berpikir dan ingin mendapat semua pengetahuan tanpa bekerja keras. Sedikit membaca saja telah membuat sejuta keluhan dan malas untuk kembali belajar. Membaca saja harus dari mengeja. Awalnya terbata-bata dan dengan banyak latihan pun menjadi lancar. Berjalan pun begitu. Tidak bisa langsung bisa berlari. Dianalogikan saja dengan ngeblog. Harus terbata-bata dan terjatuh terlebih dahulu. Bila telah menjadi kebiasaan pasti menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan.
Semoga tulisan pertama ini bisa menjadi motivasi untuk saya sendiri sehingga tidak mudah putus asa dan melanjutkan perjuangan untuk jadi blogger.

1 komentar: