Selasa, 15 November 2011

Kamar Mandi Baru

Senengnya... Akhirnya di sekolah tempatku mengajar telah dibangun kamar mandi yang lengkap. Baru, kinclong juga bersih. Yang paling melegakan, tidak perlu wira-wiri ke sana ke mari untuk buang air besar.
Para siswa juga tidak perlu jauh-jauh untuk buang air besar. Dulunya mereka selalu BAB di sungai dekat sekolah yang letaknya lumayan jauh. Sehingga menghabiskan waktu belajar mereka. Sebenarnya ini sih tidak masalah bagi mereka. Hal yang paling menyenangkan di sekolah adalah ketika berada di luar kelas. Hehehe... Aku tidak mau munafik, soalnya dulu pas sekolah juga merasa seperti itu.

Ini dia penampakan kamar mandi barunya.

Namun ternyata ada juga yang tidak terbantu dengan adanya kamar mandi ini. Kok bisa?
Kejadiannya waktu bel istirahat berbunyi. Siswaku yang kecil dan gundul tiba-tiba mendekatiku.
"Bu guru, saya mau ijin ke sungai..."
Tentu saja aku langsung melarang, kan sudah ada fasilitasnya di sekolah. Masih baru lagi.
"Lho kenapa?"
"Mau buang air besar bu..."
"Kok tidak di kamar mandi saja?"
"Anu bu ... Eng ... " sepertinya kalimatnya agak susah untuk keluar tapi aku tetap menunggu
"kenapa? kan di sekolah sudah ada WC"
"Anu bu... Tidak bisa keluar kalau buang air seperti itu"
"kok bisa?" aku tersenyum geli.
"tidak tahu bu... keluarnya hanya sedikit. Jadi tetap ingin buang air besar terus"
Hehehe... daripada terlambat segera kuiyakan saja dia ke sungai.

Ternyata tidak semua orang bisa seenaknya berganti fasilitas. Walau itu hanya untuk buang air besar. Juga butuh adaptasi. :)

2 komentar: